PAPAN INFORMASI

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN 2019


Membangun Jiwa Kepemimpinan dengan LDK

LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) SMP N 3 Pekalongan tahun ajaran 2019/2020 kali ini diadakan di Kalipaingan, Linggo Asri, Kabupaten Pekalongan. Kegiatan LDK berlangsung dari tanggal 19-20 Desember 2019 yang diikuti oleh 25 peserta dari anggota OSIS angkatan 2019/2020 dan juga MPK (Majelis Perwakilan Kelas). LDK merupakan latihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini diberikan kepada peserta yang bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan dalam berorganisasi.

Berbeda dengan LDK tahun sebelumnya yang diadakan di Yonif yang dilatih oleh tentara, tahun ini diadakan di Kalipaingan yang diisi oleh guru-guru SMP N 3 Pekalongan. Kalipaingan dipilih karena dekat dengan alam terbuka, sehingga peserta juga bisa belajar pada alam.

Kegiatan LDK dibuka oleh Pak Slamet selaku perwakilan dari kepala sekolah yang berhalangan hadir. Pada hari pertama LDK, materi yang disampaikan antara lain kepemimpinan dan tata krama yang diisi oleh Pak Slamet. Pada materi ini, peserta diberi tahu tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik dan juga tentang tata krama dengan guru, teman, dan orang tua.
Selanjutnya ada PBB yang dilatih oleh Pak Catur yang didalamnya mencakup baris berbaris dan kedisiplinan. Setelah PBB selesai diajak untuk bermain berkelompok. Tidak hanya untuk bermain, tapi juga untuk melatih peserta untuk kompak dan memiliki jiwa korsa. Sore harinya ada materi public speaking yang diisi oleh Bu Marchamah. Di sini peserta diajari cara berbicara di depan umum dengan baik. Public speaking ini sangat diperlukan untuk anggota organisasi, agar mereka tampil percaya diri saat ditunjuk untuk tampil di depan umum.

Materi berikutnya adalah keorganisasan yang diisi Pak Poppy. Pada materi ini, Pak poppy menyampaikan bagaimana seharusnya anggota organisasi bekerja sesuai dengan bagiannya masing-masing. Dan materi yang terakhir untuk hari pertama adalah proplem solving yang diisi oleh Bu Azim dan Bu Ani. Di sini peserta diajak untuk berdiskusi menyelesaikan masalah yang sering terjadi dalam organisasi. Kegiatan hari pertama ditutup dengan renungan malam yang menyentuh tentang berbakti pada orang tua.

Hari kedua LDK atau keesokan harinya, diawali dengan senam bersama dan evaluasi dari kegiatan sebelumnya. Siang harinya peserta-peserta melakukan kegiatan jungle tracking ke hutan dan diakhiri di sungai. Pada kegiatan ini peserta diajak untuk mengenal lebih dekat dengan alam sekitar dengan menjelajahinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan Komentar Anda Disini