PAPAN INFORMASI


 

Hai Hai Kawan Spenga....

Senang sekali bisa kembali lagi memberikan informasi terbaru tentang kegiatan yang ada di Smpn 3 Pekalongan, Nah untuk kali ini mimin akan menginformasikan kegiatan yang sudah dilaksanakan pada Hari Jumat Tepatnya pada tanggal 8 Juli 2022. Kegiatan kali ini bernama "Program Management Office ( PMO )". Sebelum mimin melanjutkan penjelasan kegiatan yang berlangsung mimin akan memberikan informasi dahulu terkait apasih PMO itu, agar kita bisa menambah wawasan bersama terkait apasih PMO itu ya.

Program/Project Management Office (PMO) adalah sebuah entiti yang ditugaskan beberapa tanggung jawab yang berhubungan dengan fungsi koordinasi dan manajemen terhadap proyek-proyek/program yang terdapat di dalam sebuah organisasi.

Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian dari PMO, berdasarkan PMBOK Guide, Program/Project Management Office (PMO) adalah sebuah struktur dalam manajemen yang melakukan standarisasi proses yang terkait dengan proyek dan melakukan koordinasi dalam penggunaan bersama sumber daya, metodologi, tools dan techniques.

PMO merupakan dasar dari kesuksesan proyek dalam suatu instansi. PMO biasanya:

  1. Menyediakan pengawasan dan bimbingan kepada manajer proyek dalam organisasi
  2. Menetapkan metodologi manajemen proyek dan pendekatan yang digunakan
  3. Membantu dan membimbing manajer proyek
  4. Mengelola portofolio proyek
  5. Mengembangkan dan memberikan pelatihan manajemen proyek
  6. Memonitor kegiatan proyek di seluruh organisasi

PMO dapat berupa kantor formal, atau dapat menjadi sekelompok orang yang berfungsi dalam kapasitasnya. Tanggung jawab PMO dapat bervariasi, mulai dari fungsi penyediaan bantuan atas manajemen proyek hingga terlibat langsung dalam manajemen proyek baik satu proyek saja ataupun lebih dari satu. Ada berbagai macam tipe dan struktur PMO dalam sebuah organisasi yang masing-masing berbeda pada tingkat pengawasan dan kewajibannya terhadap proyek, antara lain:

  • Supportive (Mendukung), PMO yang bertipe sebagai pendukung akan menyediakan fungsi konsultatif terhadap proyek, antara lain dalam penyediaan templates, best practice, pelatihan, akses terhadap informasi dan lesson learned dari proyek-proyek lain. PMO tipe pendukung ini bertindak sebagai tempat penyimpanan informasi dengan tingkat pengawasan yang lemah terhadap proyek.
  • Controlling (Mengawasi), PMO dengan tipe pengawasan akan menyediakan bantuan dan meminta kepatuhan dalam berbagai bentuk. Kepatuhan termasuk adapati terhadap project management frameworks atau metodologi dengan menggunakan format, formulir dan alat bantu tertentu yang telah disetujui. Tingkat pengawasan terhadap proyek oleh PMO ini adalah sedang.
  • Directive (Mengarahkan), PMO dengan tipe in memegang penuh proyek dengan secara langsung melakukan proyek. Tingkat pengawasan terhadap proyek oleh PMO ini adalah tinggi.

PMO melakukan penyatuan data dan informasi dari proyek-proyek strategis dan melakukan evaluasi untuk memenuhi tujuan dari perusahaan pada tingkat yang lebih tinggi. PMO bertindak sebagai penghubung antara portofolio organisasi, program, proyek dan sistem pengukuran perusahaan. PMO dapat mempunyai kuasa untuk bertindak sebagai stakeholder  dan mengambil keputusan selama masa proyek, memberikan rekomendasi atau menghentikan proyek dan mengambil tindakan lain yang diperlukan agar tetap sesuai dengan tujuan bisnis perusahaan. Sebagai tambahan, PMO dimungkinkan untuk melakukan seleksi, mengelola dan mengalihkan sumber daya yang dimiliki oleh proyek.

Fungsi utama dari PMO adalah memberikan bantuan kepada manajer proyek dalam lingkup yang luas, termasuk namun tidak terbatas pada:

  • Mengelola sumber daya bersama dalam proyek-proyek yang dikendalikan oleh PMO
  • Melakukan identifikasi dan pengembangan metodologi, best practice, dan standar manajemen proyek
  • Melakukan pelatihan, pembekalan, dan pendapat
  • Melakukan pengawasan terhadap kepatuhan atas standar, kebijakan, prosedur dan format manajemen proyek dalam kaitannya terhadap audit proyek
  • Mengembangkan dan mengelola kebijakan, prosedur, format, dan dokumentasi bersama
  • Melakukan koordinasi dan komunikasi antar proyek


Nah, Jadi itulah informasi terkait kegiatan PMO di Smpn 3 Pekalongan, Adapun kegiatan tersebut dihadari oleh beberapa lembaga terkait :
LPMP Provinsi Jawa Tengah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan beserta jajarannya, Kepala Sekolah "Sekolah Penggerak" se-kota Pekalongan, Komite Sekolah , Pengawas Sekolah SD dan SMP, Serta Beberapa tamu undangan lainnya. Agar bisa dilakukan koordinasi dengan beberapa lembaga terkait untuk kemajuan pendidikan dan pembelajaran di kota Pekalongan. Berikut akan mimin tampilkan foto kegiatan PMO di kota Pekalongan, untuk Videonya Silahkan bisa cek di Channel Youtubnya SMPN 3 Pekalongan ya dan jika ada yang ingin dikomentari silahkan koment dibawah ya, terimakasih.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan Komentar Anda Disini