SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SEKOLAH

Dewan Penggalang kegiatan CBC di Deswita Pandansari

Hai Hai....

Mimin Kembali lagi gais, kali ini kegiatan yang mimin sampaikan yaitu kegiatan CBC, apa itu CBC ?

    CBC sendiri adalah pengembangan dari kegiatan sebelumnya yaitu bernama KBO atau Kemah Bakti Osis yang artinya kegiatan tersebut diutamakan untuk mengukuhkan kegiatan Osis sekaligus memperingati hari pramuka Indonesia maka dari itu kegiatanya berjudul KBO dan sekarang berganti nama CBC atau Character Building Camp. Melihat namanya kita bisa sedikit mengetahui arah dan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut yaitu membentuk karater/pribadi melalui kegiatan perkemahan, dengan pengertian yang singkat tersebut kita bisa tahu bahwa kegiatan CBC itu bertujuan untuk membentuk karakter yang baru. karena kegiatan ini dilaksanakan oleh kelas 7 yang baru diharapkan sikap-sikap di sekolah SD yang masih menempel dapat dilunturkan dan ditambahkan dengan karakter yang baru agar lebih siap dan kuat menghadapi hambatan yang nantinya bisa dialami selama sekolah SMP. Nah, Kenapa kegiatan ini harus dilakukan di luar sekolah di tempat yang jauh, biasanya seorang manusia akan lebih terlihat survive ketika di luar lingkungannya dan bisa mengetahui bagiamana karakter orang tersebut dengan begitu karakter yang sebenarnya bisa diketahui dan akhirnya bisa ditambahkan dengan pembentukan kharakter yang baru.

    Untuk kegiatan pertama setelah keberangkatan yaitu seluruh siswa dikumpulkan masing-masing kelompok untuk pembagian tenda terlebih daulu agar barang bawaan bisa di taruh dengan rapih, selanjutnya mengikuti upacara pembukaan untuk membuka kegiatan pelaksanaan CBC pada tahun 2022. Setelah kegiatan Upacara Pembukaan selesai langsung dilanjutkan dengan Literasi, nah kegiatan CBC kali in yang baru adalah diisi kegiatan Literasi karena bagaimanapun berliterasi juga dapat menumbuhkan karakter siswa dalam membaca dan memahami tentang hal baru untuk itu kegiatan literasi diisi juga dalam kegiatan CBC karena dapat meningkatkan karakter siswa tersebut

Kegiatan Literasi oleh Kak Ipin

         Kegiatan literasi sekaligus diisi untuk Yel-yel regu yang nantinya akan dinilai untuk mendapatkan hadiah, setelah kegiatan literasi dilanjutkan kegiatan bersih-bersih untuk bersiap kegiatan sholat bersama dan mengaji bersama lalu disambung kembali dengan kegiatan Api Unggun dan pentas seni. Kegiatan Api Unggun adalah kegiatan yang selalu dinanti oleh siswa dalam setiap kegiatan yang berbau kemah karena meskipun kegiatan hanya berupa membakar kayu yang menjadikan timbulnya api besar namun disisi lain memiliki kehangatan dan kedekatan bersama untuk saling bersatu dan menghangatkan. Api unggun berasal dari dua kata yaitu api yang berarti agni, geni, bromo, latu dan unggun yang berarti onggokan kayu atau tumpukan kayu. Api unggun mengandung makna yang mendalam yaitu api yang berkobar menyala yakni semangat yang membara, selain itu panasnya api unggun juga memiliki makna kekuatan dan cahaya memiliki makna petunjuk persaudaraan dan persatuan. Dibawah ini merupakan fungsi dari api unggun :

  1. Alat penghangat ketika dingin
  2. Alat penerangan ketika gelap gulita
  3. Alat pengusir binatang buas di hutan
  4. Alat ketentraman dan kegembiraan
Api Unggun
Latihan Pelafalan Dasa Dharma

            Belanjut kegiatan hari berikutnya yaitu dimulai kegiatan senam pagi, outbond dan ada kegiatan jelajah yang diakhiri dengan kegiatan river tubing, kegiatan yang ditujukan untuk membangun kekompakan, meningkatkan nilai sosial kepada anggota tim untuk meningkatkan kerjasama, saling pengertian dan menghargai orang lain dan bisa meningkatkan kreatifitas serta cara survive dalam menghadapi rintangan, karena dalam kegiatan jelajah disediakan pos-pos yang harus dilalui yang berisi rintangan-rintangan yang harus dipecahkan. Karena tak lupa tujuan kegiatan CBC yaitu untuk membentuk karakter jadi apapun nilai-nilai yang dapat dibangun dalam kegiatan CBC harus dibangun agar nanti setelah selesai kegiatan CBC Peserta Didik mendapat pengalaman baru dan karakter baru yang dapat ditumbuhkan dan ditingkatkan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.


River Tubing di Deswita Pandansari

Persiapan Keberangkatan

Proses Keberangkatan

    Sampai disini dulu ya mimin memberikan informasinya, sampai bertemu kembali pada informasi kegiatan berikutnya. Terimakasih kawan-kawan Spenga


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Masukan Komentar Anda Disini